Posted by: ayusartikayuliarti | July 2, 2009

Yahoo! akuisisi Flickr

Pendahuluan

Studi ekonomi merupakan proses pemenuhan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya yang sangat terbatas. Manusia bukan hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan fisiknya saja agar dapat bertahan hidup melainkan kebutuhan mental, kebutuhan pikiran yang didalmnya termasuk informasi

Pada era ini, informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Di era yang serba praktis dan cepat ini masyarakat membutuhkan informasi yang sangat akurat, terpercaya dan sesuai untuk menunjang kebutuhan mereka hidup. Jika dahulu manusia sangat sulit memperoleh informasi dikarenakan alat komunikasi yang belum canggih, namun saat ini manusia dapat memperoleh informasi dengan sangat cepat, akurat, dan praktis. Kemajuan teknologi sangat membantu dalam pemenuhan informasi bagi masyarakat. Salah satu teknolog tersebut yaitu berkembangnya media online (internet) yang terus berkembang dan semakin digemari oleh masyarakat terutama kaum muda. Internet telah menjadi media digemari karena penggunaannya yang praktis, cepat, dan mudah. Oleh karena itu, internet atau media baru ini menjadi lahan yang sangat menguntungkan untuk membuat sebuah industry media sebagai alat komunikasi dan perolehan informasi.

Saat ini sudah banyak portal-portal di internet yang memberikan pelayanan dalam pemenuhan kebutuhan akan informasi bagi manusia. Portal-portal tersebut menyediakan berbagai informasi dari segala bidang yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Portal yang terkenal sebagai sebuah search engine (mesin pencari) yaitu Google, Yahoo!, MSN, dll. Selain mesin pencari, media online juga memberikan pelayana untuk menirim pesan elektronil (e-mail), Chaating (berkomunikasi lewat dunia maya tanpa harus bertatap muka), atau banyak juga portal-potal yang bertujuan untuk sarana hiburan (situs-situs gameonline, Friendster, facebook, dll). Ada juga beberapa portal yang mendukung hobby kita, misalanya flixstr sebagai sebuah portal yang menyajikan film-film yang sedang marak hari ini. Bisa juag Flickr, sebgai portal yang dapat digunakan untuk menyimpan foto-foto atau video yang kita miliki.

Begitu banyak kemudahan yang diberikan oleh media online bagi manusia. Namun ada beberapa kekurangan, satu diantaranya adalah portal-portal tersebut tidak memfasilitasi seluruh kebutuhan para pengguna internet. Misalnya saja, jika ingin mencek E-mail dan mengupdate dokumen foto di Flickr, maka pengguna internet harus login di dua situs yang berbeda. Hal ini tidak dinilai praktis dan tentu saja akan memunculkan kekurangan masing-masing portal yang tidak dapat melayani seluruh kebutuhan pengguna internet. Hal inilah yang menjadi latar belakang, mengapa ada proses akuisisi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan kepada perusahaan lainnya. Selain untuk memperbaiki performance dari produk, integrasi yang dilakukan ini tentu saja akan memberikan keuntungan berupa materiil yang sangat signifikan.

Proses akuisisi ini telah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan online, diantaranya adalah Google Coorp yang mengakuisis You Tube dan Double Click atau Yahoo! yang mengakuisisi Flickr untuk menunjang performance Produknya. Dalam paper ini akan dibaha slebih lanjut mengenai kebijakan akuisisi yang dilakukan oleh Yahoo! kepada Flickr.

Sejarah Yahoo!

Seperti yang telah diketahui oleh hampir seluruh masyarakat dunia, dalam industri media telah dikenal adanya sebuah portal yang dapat melayani free webmail yang dikenal sebagai Yahoo!. Pada awalnya Yahoo! hanyalah sebuah Bookmark (petunjuk halaman buku) yang muncul dari ide dua orang alumnus Universitas Stanford pada April 1994. Kedua mahasiswa tersebut bernama David Filo dan Jerry Yang, mahasiswa lulusan teknik. Kemudian ide ini dikembangkan menjadi sebuah free webmail yang digolongkan edalam subjek-subjek. Dan hasilnya, saat ini berbagai fasilitas yang dinerikan leh Yahoo!. Mulai dari E-mail, Chatting, Groups, link ke iklan, atau link ke beberapa portal lainnya.

Bila dilihat dari perkembangan perusahaannya, Yahoo! cukup dapat dikatakan sebagai perusahaan di media online yang berkembang pesat. Pasalnya, pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kerja sama bisnis dengan para pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley.[1] Pada bulan April 1996, Yahoo! sangat sukses ketika di diluncurkan kepada khalayak luas. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadipemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringanlebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya.[2] Yahoo! sebagai brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya telah memiliki jaringan perusahaan web global. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! puntelah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.[3]

Sejarah Flickr

Flickr didirikan pada Februari 2004 oleh perusahaan yang bernama Ludicorp. Pada awalnya Flickr menitikberatkan pada chat room yang memiliki banyak pengguna dengan nama Flickrlive. Keunggulan Flickr sebagai chat room bila dibandingkan lainnya adalah, Flickr mampu berbagi foto secara langsung (real time). Seiring berkembangnya Flickr, saat ini Flickr focus pada uploading dan menghilangkan chat room dari fasilitasnya.

Perusahaan yang berpusat di Vancouver, Kanada ini telah memperbaharui layanannya dari Beta ke Gamma disertai perubahan pada desain dan struktur pada 16 Mei 2006. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah seiring peralatan komunitas online yang inovatif yang memperbolehkan foto-foto diberi tanda dan dicari secara folksonomi.[4] Adapun berbagai aplikasi web yang dimiliki oleh Flickr antara lain, 1. Organizr (aplikasi web untuk mengatur foto dalam akun Flickr), 2. kontrol akses (flickr menyediakan tempat penyimpanan foto untuk umum dan pribadi), 3. Interaksi dan kompatibilitas, 4. Pengarsipan (tidak ada gambar-gambar lama yang terhapus, tetapi disimpan rapi oleh Flickr), 5. Lisensi (Flickr menawarkan pengguna kemampuan untuk menyebarkan gambar mereka di bawah beberapa lisensi penggunaan yang umum.

Pada tahun 2005, Yahoo! Inc. mengambil alih Ludicorp dan Flickr. Pada 28 Juni 2005, semua daftar isi dari server Kanada dipindahkan ke server yang berada di Amerika Serikat, yang menyebabkan semua data yang ada berada di bawah hukum federal Amerika Serikat.[5]

Latar Belakang Yahoo!Inc Akuisisi Flickr

Seperti yang telah diketahui oleh hampir seluruh  masyarakat dunia, dalam industry media dikenal adanya sebuah portal bernama Yahoo!. Sebagai portal free webmail, Yahoo telah memperihatkan kesuksesannya menjadi sebuah portal yang diakui oleh masyarakat dunia. Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa industry media online (internet) menjadi ranah yang menarik untuk dijadikan lahan bisnis. Bukan hanya Yahoo, sebagai satu-satunya portal yang bisa melayani free webmail, tetapi banyak portal-portal lainnya yang tidak kalah bagus dari Yahoo!.

Untuk dapat bertahan sebagai sebuah industry media, tentu saja Yahoo! Harus memperbaiki tubuhnya terus-menerus agar  tidak ditinggalkan oleh para penggunanya. Seperti yang telah dijelaskandi atas bahwa sebagai sebuah portal Yahoo! Belum dapat memfasiltasi seluruh kebutuhan dari para pengguna internet. Terutama mengenai peyimpanan data berupa foto dan video dengan kapasitas yang sangat besar. Hal ini merupakan alasan mendasar mengapa Yahoo! mengakuisisi Flickr sebagai sebuah situs web yang memfasilitasi hal tersebut. Dengan begitu, harapan yang muncul adalah Yahoo! tidak kehilangan para penggunanya dan dapat mempercantik dirinya dengan menambah fasilitas yang diberikan.

Hal yang berkaitan dengan alasan tersebut yaitu, pesaing Yahoo!, yaitu Google. Saat ini, selain sebagai search engine, google telah mengembangkan performancenya yaitu, memberikan layanan barupa free webmail dan Chat Room laiknya Yahoo!. Selain itu Google telah melakukan akuisisi pada YouTube pada tahun 2006 seharga USD 1,76 Miliar. YouTube merupakan sebuah portal video online terbesar menyaingi NBC Universal dan News Corp.[6] Hal ini tentu membuat Google menjadi pemimpin dalam dunia bisnis Online pasca akuisis YouTube.

Dengan begitu, Yahoo! harus segera menentukan strategi untuk dapat menyaingi Google. Strategi yang diambil oleh Yahoo! adalah dengan mengakuisisi Flickr, yang sebagai sebuah situs web telah memiliki fasilitasi yang sama dengan YouTube dan memiliki beberapa kelebihan yang dapat diandalkan.

Teori

Industri media online ini merupakan sebuah pasar ekonomi dimana didalamnya terdapat penjual, pembeli, dan barang/jasa yang ditawarkan oleh penjual. Penjual disini yaitu para perusahaan yang berkecimpung di industry media online ini, pembeli disini yaitu para pengguna internet yang membutuhkan fasilitas yang ditawarakan oleh penjual, sedangkan barang atau jasa adalah fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh perudahaan tersebut.

  • The Industrial Organization Model

Model organisasi pada industry ini biasa digunakan untuk memahami hubungan antara struktur pasar (market structure), kebijakan pasar (market conduct), dan penampilan pasar (market performance). Lebih jauh lagi, model organisasi industry ini dapat menjelaskan mengenai mengapa market performance dipengaruhi oleh market structure and conduct.

  1. a. Market Structure

Struktur dalam sebuah pasar dapat dijasikan sebagai karekteristika satau cirri dari pasar tersebut. Apakah masuk ke dalam pasar Oligopoli, monopoli, atau lainnya. Factor-faktor yang menentukan karakteristik tersebut yaitu,

  1. Jumlah Pembeli dan penjual dalam pasar
  2. Diferensiasi dari Produk (homogeny atau heterogen)
  3. Aturan untuk masuk dan keluar pasar
  4. Harga produksi
  5. b. Market Conduct

Market conduct dapat diartikan sebagai sebuah kebijakan atau perilaku pada area yang spesifik, misalnya penentuan harga produk, strategi pemasaran produk, penelitian dan inovasi, rencana investasi, dan lain-lain. Kebijakan-kebijakan yang diambil tentu saja disesuaikan dengan market structurenya.

  1. c. Market Performance

Market performance sangat terkait dengan analisis kemampuan dari sebuah firma atau perusahaan untuk mencapai tujuan atau keuntungan dengan produk yang berbeda. Beberapa criteria market performance, yaitu

  1. Efficiency        : “. . . the ability of a firm to maximize its wealth”.[7]
  • Technical Efficiency                : penggunaan sumberdaya dengan cara paling efektif untuk maksimalisasi output (“Much of the conglomeration that has occurred in media industries is designed to increase technical efficiency, through mergers and acquisition, which create economies of scale”)[8]
  • Allocative Efficiency: pasar berfungsi dalam kapasitas optimal, memberikan keuntungan dan manfaat kepada produser dan consumer.
  1. Equity : Keuntungan atau kekayaan terbagi secara merata diantara pelaku pasar.
  2. Progress: kemampuan perusahaan, dan pasar secara keseluruhan, untuk meningkatkan output dari waktu ke waktu.

Hubungan antara Market Structure dan Market Performance

  • Korelasi negatif antara market competition dan media performance: hanya dalam concentrated market structure, media bisa mempunyai sumberdaya finansial yang mencukupi untuk  mengembangkan produk-produk baru yang bermutu (e.g., Burnett, 1992) – sementara dalam struktur yang kompetitif media hanya bersaing untuk merebut mayoritas pasar, kurang insentif untuk melakukan inovasi, dan akhirnya mengarah pada homogenisasi produk.
  • Korelasi positif antara market competition dan media performance: dalam struktur pasar yang kompetitif, tiap media berusaha mencari segmen pasarnya sendiri, dan mendorong kearah diversifikasi produk (Coser et al., 1982; Ryan, 1985).

Pembahasan

Jika dianalisis dengan teori-teori di atas, dapat diketahui bahwa akuisisi yang dilakukan oleh Yahoo! Merupakan strategi dari produk yang memiliki tujuan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Strategi-startegi yang diambil ini merupakna bagian dari market conduct yang nantinya akan mempengaruhi market performancenya.

Keputusan Yahoo! Untuk mengakuisisi flickr pada tahun 2005 merupakan keputusan yang dilakukan untuk menyaingi para pesaingnya, terutama Google. Akuisisi Flickr sebagai portal video dan foto sharing online diyakini dapat meningkatkan performance Yahoo! Sehingga nantinya akan dapat menyaingi rivalnya yaitu Google yang telah mengakuissi YouTube.

Industri media online ini masuk ke dalam pasar dengan struktur yang dikenal dengan oligopoli. Dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dengan produk yang dapat bersifat homogen atau heterogen, dan diberi kebebasan bai para penjual dan pemeli untuk memasuki pasar. Dengan kondisi ang seperti ini, tentu saja perusahaan-perusahaan tersebut harus mampu untuk bersainag sehinga masih dapat bertahan di industri ini.

Dengan mengakuisis Flickr, Yahoo! Sebagai perusahaan yang terus bersaing sangat yakin bahwa produknya akan dapat menyaingi Google. Flickr yang dibeli oleh Yahoo! Dari sepasang suami isteri Stewart Butterfield dancaterina Fake sebesar USD 35 juta ini memberikan layanan terbaik bagi para pecinta video yang ingin berbagi klip kepada anggota keluarga dan rekan-rekan mereka. Selain itu Flickr tidak hanya hadir dalam Bahasa Inggris, melainkan dengan 7 bahasa lainnya, antara lain Itali, Jerman, Korea, Prancis, Portugal, Spanyol, dan China. Akuisisi ini diyakini oleh Manajer Yahoo Flickr dapat menarik perhatian penikmat video online. Kakul Srivastava, sebagai manajer Yahoo Flickr mengatakan bahwa kepuusan yang diambil ini adlaah untuk memenuhi permintaan pasar.

Setelah melakukan kerja sama dengan Flickr, tentu saja berdampak pada performance yang dimiliki oleh Yahoo!. Bagi para pecinta foto dan video sharing, mereka tidak perlu lagi membuka situs Flickr dengan sendirinya, karena Yahoo telah membuat link untuk bisa langsung diakses oleh konsumen ketika mereka sedang login di Yahoo. Dengan begitu, pengguna internet yang ingin menggunakan Flickr sebagai penyalur hobinya tidak perlu lagi membuat account di Flickr apabila mereka telah memiliki account di yahoo!. Yahoo Photos menyediakan halaman sambutan kepada pengunjung lebih visual, dengan sederet daftar album pengguna dan album-album lainnya di sisi kiri, serta gambar besar foto terkini.

Pengguna dapat memindahkan beberapa foto dalam waktu yang bersamaan untuk usaha pengaturan ulang dan mengganti namanya semudah mungkin dengan penentuan dan pengklikan pada nama lama dan memasukkan nama yang baru. Gambar-gambar tersebut disertai informasi deskripsi tambahan tentang setiap jepretan dan dirancang secara pribadi, kata Brad Garlinghouse, senior vice president of communications, community and front door Yahoo, pada kesempatan pertemuan dan demo produk kepada para wartawan.[9] Halaman baru ini dilengkapi dengan Yahoo Mail, Messenger, Mobile dan 360, menyediakan pengunjung lokasi universal yang dapat diakses untuk melihat foto yang dikirim oleh teman.

Tujuan kerjasama yang dilakukan oleh Yahoo dan Flickr dalam meningkatkan performance produknya selain untuk memenuhi keinginan pasar adalah untuk meyakinkan Microsoft Corp untuk mengakuisi Yahoo. Pasalnya Yahoo saat ini telah mengalami krisis keuangan sehingga harus ada yang membantunya.

Dapat disimpulkan bahwa, sebagai sebuah industry media di Internet yang telah memiliki banyak pesaing, Yahoo! harus memiliki strategi-strategi untuk bisa mempertahankan bisnisnya. Dalam industry media, terdapat model organisasi yang harus dilakukan. Yahoo sebagai penjual yang ada di pasar internet merupakan bagian dari market structure. Produk yang ditawarkan, kerjasama-kerjasama yang dilakukan, dan orang-orang yang menjadi penggerak Yahoo, merupakan bagian dari market structure yang dimiliki oleh Yahoo. Pihak pengelola Yahoo melakukan proses market conduct (pengambilan kebijakan) dengan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak tertentu, salah satunya adalah Flickr. Akuisisi yang dilakukan akan mempengaruhi tampilan dari produk Yahoo. Tentu saja ini akan menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta Yahoo dan Flickr. Hal terpenting lainnya adalah Yahoo dapat ,meraih keuntungan yang besar dari kerjasama ini dan Yahoo! Akan terus dapat bertahan di bisnis media online ini dan dapat menandingi para rivalnya di industri ini.

Kesimpulan lainnya yaitu, market structure, market conduct, dan maket performance merupakan model organisasi dalam sebuah industri yang saling berkaitan satu sama lainnya.


[1] pinuik.blogspot.com, diakses pada 4 Mei 2009 pukul 14:30 wib

[2] ibid

[3] ibid

[4] http://id.wikipedia.org/wiki/Flickr diakses pada 4 Mei 2009 pukul 14:30

[5] ibid

[6] http://www.unsa.ac.id/?p=120 diakses pada 23 Maret 2009, pukul 11:30 wib

[7] Albarran, Alan B. Media Economics. ‘Iowa: Iowa State University Press. 1996. Hal.39

[8] Ibid, hal.39

[9]http://www.aptikom.net/sda/news/psecom,id,9260,_language,Indonesia,nodeid,1,xv_start,5285,xv_numresults,35,xv_sortvalue,0.html, diakses pada 23 Maret 2009


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: